Cara Membuat Toko Online Gratis Sebagai Situs Jual Beli

cara membuat toko online gratis sebagai situs jual beli

Cara Membuat Toko Online Sebagai Situs Jual Beli. Saat ini sudah banyak sekali di dunia internet. Seiring dengan berkembangnya internet, toko online atau website toko online menjadi lebih mudah bagi pembeli untuk mengadakan transaksi tanpa harus pergi ke toko offline secara langsung. Selain menghemat waktu, harga yang dibelipun tidak jauh berbeda dengan di toko langsung. Saat ini untuk membuat sebuah toko tidak dapat dibuat dengan modal yang kecil, lain halnya dengan membuat toko online yang bermodalkan jauh lebih kecil. Hal inilah yang menjadikan suatu alasan untuk membuat situs jual beli online sebagai alternatif lain bagi yang ingin mempunyai usaha. Tetapi tidaklah semua orang bisa membuat toko online bukan ?

Jika anda berniat untuk membuat toko online secara gratis maka bisa ikuti langkah - langkah di bawah ini sebagai tips untuk membuat toko online secara gratis.

Cara membuat toko online gratis

1. Buat blog dari blogger.com,  jika anda belum memahaminya silahkan bacalah artikel cara membuat blog

2. Setelah membuat blog, carilah template toko online dengan cara search di google menggunakan kata kunci 'template toko online' kemudian download lah template tersebut dan gantilah template blog tersebut,silahkan anda baca juga cara mengganti template blog

3. Setelah itu uploadlah foto atau gambar produk produk anda sendiri atau pun menjual produk orang lain. Walaupun anda tidak mempunyai produk sendiri maka bisa mencari perusahaan perusahaan yang menyediakan dropship. Cari di google dengan mengetik 'dropship sepatu' misalnya, kemudian segera hubungi untuk mendapatkan perjanjian dengannya.

Optimasikanlah toko online anda, jika belum bisa silahkan baca artikel optimasi seo offpage untuk membantu toko online anda lebih maksimal dalam pencarian. Karena sebuah blog atau website akan populer jika mendapatkan pencarian yang baik di mata search engine.

cara membuat toko online berkembang

Sudah tentu toko online atau situs jual beli online yang dibuat harus menghasilkan atau harus ada transaksi yang terjadi bukan ?, sebuah toko online tidaklah bisa berkembang dengan begitu saja tanpa adanya usaha atau perjuangan untuk membangunnya. Inilah tips yang dapat dipergunakan untuk membangun toko online anda agar dapat maju dan berkembang :

1. Jenis produk yang akan dijual
Tentukan produk yang akan dijual secara online dengan menganalisis pasar agar mendapat penjualan yang tinggi. Pangsa pasar sangat menentukan bidang online, Jika anda mempunyai produk sendiri maka dapat dengan mudah menjual online, pangsa pasarpun tidak harus ditentukan karena mau tidak mau anda harus menjual barang yang sudah ada. Tetapi jika anda menggunakan dropship haruslah menentukan pangsa pasar anda agar toko online anda mendapat transaksi yang signifikan.

2. Tentukan media promosi
Gunakan media sosial facebook dan twitter sebagai sarana untuk melakukan promosi berjualan online, bahkan jika anda adalah pengguna blackberry bisa menggunakan fasilitas bbm untuk promosi juga. Karena jumlah kompetitor dalam dunia bisnis online sangatlah banyak yang berasal dari segala penjuru dunia maka publikasi atau promosi toko online anda dapat mulai dari teman, tetangga, rekan kerja, kerabat terdekat. Kalaupun dirasakan tidak ada perubahan yang signifikan, lakukan promosi melalui media berbayar, bisa melalui penyedia iklan PPC ataupun media televisi.

3. Sistem pembayaran
Sistem transaksi dalam toko online juga penting karena ini akan membangun suatu kepercayaan kepada buyer bahwa toko online anda bukanlah suatu penipuan. Sistem pembayaran bisa via transfer antar rekening atau melalui tatap muka antara penjual dan pembeli. Jika toko online anda juga siap melayani pembeli dari luar negeri maka siapkan juga sistem pembayaran melalui paypal untuk mempermudah pembayaran saat bertransaksi dengannya. Ingatlah bahwa modal utama sebuah toko online adalah kepercayaan dari pembeli, setiap orang yang masuk ke toko online anda haruslah percaya bahwa toko online yang dikunjungi tersebut adalah penjual yang bisa dipercaya kebenarannya.

4. Siapkan kontak person
Siapkan alat penghubung misalnya berupa kontak melalui sms, yahoo online, gtalk, pin blackberry, whats up bahkan nomor telepon yang siap melakukan kontak tiap saat. Ini juga merupakan salah satu sistem yang akan membangun tingkat kepercayaan konsumen.

5. Buat toko online dengan profesional
Membuat toko online haruslah memberikan Informasi produk, spesifikasi barang, harga, cara beli dan sebagainya dengan jelas. Buat media toko online yang informatif, menarik dan desain toko online yang terlihat menarik dan profesional.

6. Berikan layanan terbaik
Jika sudah ada transaksi, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memberikan layanan terbaik kepada si pembeli, layanan tersebut berupa pengemasan dan pengirim barang sehingga barang yang sampai ke pembeli tidak menjadi rusak yang tentunya akan membuat si pembeli merasa toko online anda tidak profesional dalam melayani pembeli.

7. Testimoni dari pelanggan
Setelah pelayanan terbaik diberikan, mintalah testimoni dari pelanggan,yang tentunya tidak akan segan segan memberikan testimoni jika mendapatkan pelayanan yang berkualitas dari toko online tersebut.

Jika anda ingin meningkatkan kualitas toko online gratis anda menjadi lebih baik lagi, tentunya anda harus mengganti domain menjadi .com atau domain berbayar lainnya, hal ini tentunya akan menambah tingkat kepercayaan dan profesionalitas menjadi bertambah. Dan hal ini pun menjadi salah satu syarat berkembangnya toko online anda.

Demikianlah cara membuat toko online gratis sebagai situs jual beli, semoga dapat memberikan manfaat kepada anda. Salam blogger